Friday, February 7, 2020

Iman kepada Kitab - Kitab Allah SWT


A. Iman kepada kitab - kitab Allah SWT.

Iman kepada kitab Allah subhanahu wa ta'ala artinya meyakini sepenuh hati bahwa Allah subhanahu wa ta'ala telah menurunkan kitab-kitab-Nya kepada Nabi atau Rasul yang berisi Wahyu untuk disampaikan kepada seluruh umat manusia. Iman kepada kitab - kitab Allah SWT termasuk kedalam rukun iman yang ke 3. Di dalam Alquran disebutkan bahwa ada 4 kitab Allah subhanahu wa ta'ala yang diturunkan kepada para nabi-Nya yakni:

1. Kitab taurat kepada nabi Musa As.

Kitab taurat diturunkan kepada nabi Musa As di bukit Tursina. Di dalamnya berisi tentang hukum-hukum agama, berita gembira dan peringatan. Kitab taurat memberitakan akan datangnya nabi Muhammad SAW sebagai nabi akhir zaman yang membawa agama Islam menggantikan agama sebelumnya. Kata taurat berasal dari bahasa Ibrani yakni Thora ( instruksi ). Kitab taurat menjadi petunjuk dan bimbingan bagi Bani Israil.

Firman Allah SWT ( Q.S. Al-Isra' /17: 2 )

                  وَآتَيْنَا مُوسَى الْكِتَابَ وَجَعَلْنَاهُ هُدًى لِبَنِي إِسْرَائِيلَ أَلَّا تَتَّخِذُوا مِنْ دُونِي وَكِيلًا

Artinya : Dan Kami berikan kepada Musa kitab (Taurat) dan Kami jadikan kitab Taurat itu petunjuk bagi Bani Israil (dengan firman): "Janganlah kamu mengambil penolong selain Aku. ( Q.S. Al-Isra' /17: 2 )

2. Kitab Zabur kepada nabi Daud As.

Kitab Zabur yang diturunkan kepada nabi Daud As. Isinya berupa berbagai doa, dzikir, pengajaran dan hikmat, pedoman amal kebajikan. Kitab Zabur adalah kitab suci yang diturunkan Allah subhanahu wa ta'ala kepada nabi Daud As untuk kaum Bani Israil.

Firman Allah SWT ( Q.S. An-Nisa /4:163 )

إِنَّا أَوْحَيْنَا إِلَيْكَ كَمَا أَوْحَيْنَا إِلَىٰ نُوحٍ وَالنَّبِيِّينَ مِنْ بَعْدِهِ ۚ وَأَوْحَيْنَا إِلَىٰ إِبْرَاهِيمَ وَإِسْمَاعِيلَ وَإِسْحَاقَ وَيَعْقُوبَ وَالْأَسْبَاطِ وَعِيسَىٰ وَأَيُّوبَ وَيُونُسَ وَهَارُونَ وَسُلَيْمَانَ ۚ وَآتَيْنَا دَاوُودَ زَبُورًا

Artinya : Sesungguhnya Kami telah memberikan wahyu kepadamu sebagaimana Kami telah memberikan wahyu kepada Nuh dan nabi-nabi yang kemudiannya, dan Kami telah memberikan wahyu (pula) kepada Ibrahim, Isma'il, Ishak, Ya'qub dan anak cucunya, Isa, Ayyub, Yunus, Harun dan Sulaiman. Dan Kami berikan Zabur kepada Daud. ( Q.S. An-Nisa /4:163 )

3. Kitab Injil kepada nabi Isa As.

Kitab Injil diturunkan kepada nabi Isa As di dalamnya berisi tentang hukum, seruan kepada manusia agar meng-Esa-kan Allah subhanahu wa ta'ala dan jangan menyekutukan nya dan juga sebagai petunjuk dan cahaya penerang bagi manusia. Nabi Isa As diutus untuk mengajarkan tauhid kepada umat atau pengikutnya.

Firman Allah SWT ( Q.S. Al -Hadid /57:27 )

ثمَّ قَفَّيْنَا عَلَىٰ آثَارِهِمْ بِرُسُلِنَا وَقَفَّيْنَا بِعِيسَى ابْنِ مَرْيَمَ وَآتَيْنَاهُ الْإِنْجِيلَ وَجَعَلْنَا فِي قُلُوبِ الَّذِينَ اتَّبَعُوهُ رَأْفَةً وَرَحْمَةً وَرَهْبَانِيَّةً ابْتَدَعُوهَا مَا كَتَبْنَاهَا عَلَيْهِمْ إِلَّا ابْتِغَاءَ رِضْوَانِ اللَّهِ فَمَا رَعَوْهَا حَقَّ رِعَايَتِهَا ۖ فَآتَيْنَا الَّذِينَ آمَنُوا مِنْهُمْ أَجْرَهُمْ ۖ وَكَثِيرٌ مِنْهُمْ فَاسِقُونَ

Artinya : Kemudian Kami iringi di belakang mereka dengan rasul-rasul Kami dan Kami iringi (pula) dengan Isa putra Maryam; dan Kami berikan kepadanya Injil dan Kami jadikan dalam hati orang-orang yang mengikutinya rasa santun dan kasih sayang. Dan mereka mengada-adakan rahbaniyyah padahal kami tidak mewajibkannya kepada mereka tetapi (mereka sendirilah yang mengada-adakannya) untuk mencari keridhaan Allah, lalu mereka tidak memeliharanya dengan pemeliharaan yang semestinya. Maka Kami berikan kepada orang-orang yang beriman di antara mereka pahalanya dan banyak di antara mereka orang-orang fasik. ( Q.S. Al -Hadid /57:27 )

4. Kitab Al-quran kepada nabi Muhammad SAW.

Al-Quran merupakan kitab suci yang diturunkan Allah SWT kepada nabi Muhammad SAW melalui malaikat Jibril. Al-Quran diturunkan tidak sekaligus melainkan secara berangsur-angsur dan diturunkan selama 22 tahun 2 bulan 22 hari. Al-Quran terdiri dari 30 juz 114 surat 6.236 ayat 74.437 kalimat dan 325.345 huruf. Wahyu yang pertama diturunkan adalah Al-Quran adalah surat al-alaq ayat 1-5 sedangkan Wahyu yang terakhir turun adalah Q.S Al maidah ayat 3.

Al-Quran diturunkan kepada nabi Muhammad SAW  yang ditampilkan untuk umat manusia dengan menggunakan penuturan dan kefasihan bahasa terbaik yaitu bahasa Arab yang jelas. Sehingga wajib bagi setiap orang untuk mengamalkannya. Allah SWT tidak menerima suatu amal yang tidak merujuk kepada Al-Quran  dan Allah SWT menjamin keasliannya hingga selamat dari perubahan dan revisi baik berupa penambahan maupun pengurangan.

Firman Allah SWT ( Q.S. Al - Baqarah /2:2 )

ذَٰلِكَ الْكِتَابُ لَا رَيْبَ ۛ فِيهِ ۛ هُدًى لِلْمُتَّقِينَ

Artinya : Kitab (Al Quran) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertakwa. ( Q.S. Al - Baqarah /2:2 )

Dalam ayat-ayat al-qur'an terdapat penjelasan segala sesuatu yang berupa berita ( Khabar ) atau tuntutan ( Thalab ).

a ) Khabar ( berita ) terbagi dua:

Khabar perihal sang khalik atau pencipta, nama, sifat, perbuatan, dan firman-firman nya, dialah Allah azza wa jalla.
Khabar perihal makhluk seperti langit, bumi, arsy, manusia, hewan, benda, tumbuhan, surga, neraka, atau kabar-kabar perihal para nabi dan rasul serta pengikut dan musuh-musuhnya disertai akibat balasan pada tiap-tiap kelompok.

b ) Thalab ( tuntutan ) terbagi dua:

Perintah beribadah kepada Allah saja, menaati Allah dan rasulnya, serta melaksanakan perintah Allah seperti shalat, puasa, dan lainnya.
Larangan berbuat syirik kepada Allah SWT dan peringatan akan hal-hal yang diharamkan Allah seperti riba, perbuatan-perbuatan keji, serta hal-hal lain yang terlarang.

B. Shuhuf

Shuhuf ialah Wahyu Allah SWT berupa lembaran-lembaran yang terpisah diturunkan kepada para nabi berisikan pujian-pujian dan nasehat-nasehat. Adapun di dalam Alquran disebutkan bahwa shuhuf tersebut diterima oleh nabi Ibrahim As dan nabi Musa As.

Firman Allah SWT ( Q.S, Al - A'la  / 87:18-19 )

إِنَّ هَٰذَا لَفِي الصُّحُفِ الْأُولَىٰ 
صُحُفِ إِبْرَاهِيمَ وَمُوسَىٰ 

Artinya : Sesungguhnya ini benar-benar terdapat dalam shuhuf - shuhuf yang dahulu 18 (yaitu) shuhuf - shuhuf Ibrahim dan Musa 19. ( Q.S, Al - A'la  / 87:18-19 )

No comments:

Post a Comment